Pentingnya Digital Marketing dalam Mengembangkan Usaha



Seperti kata Jean Claude Juncker “the internet and digital technology are transforming our world. Digital technology has to be our future” yang artinya internet dan teknologi digital telah mengubah dunia, bahkan teknologi digital telah menjadi mada depan kita. Saat ini pengembangan teknologi digital telah merambah ke berbagai sektor. Bahkan telah digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Gadget bukan lagi hal yang mewah karena hampir seluruh penduduk menggunakan gadget untuk mengakses internet. Bahkan menurut data tahun 2019, orang – orang mengakses internet lebih dari 8 jam per hari. Pengguna internet pun meningkat dari tahun 2019 ke 2020 sebanyak 4% lebih. Apalagi di masa pandemi sekarang. Dari yang kita alami saja, bahkan dari membuka mata kita pasti langsung terhubung dengan internet untuk melakukan aktivitas atau sekedar menghabiskan waktu luang. Ketika kita melakukan aktivitas di rumah saja sedangkan kebutuhan kita harus terpenuhi, maka segala keperluan kita mengandalkan teknologi digital.

Dalam melakukan marketing, saat ini kita bisa sangat dimudahkan dengan adanya internet. Dengan penggunaan internet dan sosial media saat ini, orang – orang mulai meninggalkan cara lama mengetahui pemasaran produk, seperti halnya brosur, bahkan billboard. Saat ini orang – orang ketika mendapat brosur sebuah produk, tidak lama kemudian dia akan lupa dimana menaruh brosur tadi. Begitu juga dengan billboard, dengan kesibukan dan kecepatan mobilitas saat ini, orang – orang sudah tidak menghiraukan lagi billboard di jalan yang ia lewati. Dan juga meskipun melihat billboard tersebut, ketika mereka tidak melewati jalan tersebut, mereka akan lupa dengan iklan yang mereka lihat di billboard tadi. Daripada melihat brosur atau billboard, orang – orang lebih terfokus kepada iklan – iklan yang ada di gadgetnya masing-masing. Sosial media yang banyak diakses seperti YouTube, Instagram, Facebook, Line, Twitter, dapat menampilkan beberapa iklan yang relevan dengan apa yang diinginkan konsumen.

Dengan digital marketing kita tidak perlu lagi membuang uang untuk mengiklankan produk dengan menyewa billboard, atau mencetak  atau beberapa cara lainnya. Berbagai kemudahan dapat dirasakan dengan menggunakan digital marketing. Karena kita bisa dengan leluasa pula mengakses media – media dimana kita akan mengiklankan produk, dan tentu saja banyak yang bisa dilakukan dengan gratis. Untuk bisa memanfaatkan digital marketing dengan baik dan efisien tentu saja kita perlu mengetahui tahapan atau cara – caranya. Yang harus kita lakukan adalah dengan menerapkan SOSTAC yaitu Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control.

Yang pertama adalah Situation analysis atau bisa dikatakan kita melihat dan mengamati dulu, dimana posisi kita saat ini, bagaimana kita saat ini. Dalam hal ini kita bisa mengukur ya dari 5 aspek atau dikenal dengan 5S yaitu Sell, Serve, Save, Speak, Sizzle. Sell yang artinya penjualan, bagaimana penjualan kita saat ini, apakah sesuai dengan target pemasaran. Serve yang bisa dikatakan pelayanan, bagaimana pelayanan yang selama ini kita berikan, apakah pelanggan puas dengan pelayanan yang kita berikan. Save artinya efisiensi kita dalam mengelola bisnis atau usaha kita. Speak artinya komunikasi kita dengan konsumen, seberapa besar kita dapat menarik konsumen dengan komunikasi yang kita lakukan. Sizzle artinya bagaimana kita melakukan extension pada produk dan layanan yang diberikan. Dalam Situation analysis kita juga memperkirakan SWOT dalam E-marketplace, goal performance, dan wawasan pelanggan.

Setelah mengetahui dimana kita berada sekarang, maka kita bisa menentukan Objectives atau apa yang kita ingin capai kedepannya. Berkaca pada analisis SWOT dan juga aspek 5S, maka kita bisa menentukan pencapaian dari bisnis atau usaha kita.

Selanjutnya tentu saja kita harus memikirkan strategi apa yang akan digunakan untuk mewujudkan target pencapaian tersebut. Kita mulai menyusun segmen kita siapa, target kita siapa, dan positioning nya seperti apa. Kemudian penting juga melakukan OVP ( Online Value Proposition), jadi seperti apa keunggulan value dari produk kita. Lalu bagaimana kita meningkatkan kredibilitas kita melalui media digital, seperti misalnya kita memberikan keleluasaan pelanggan untuk mereview produk kita. Sehingga tanpa kita berusaha, ketika review nya positif maka akan mempersuasi konsumen lain untuk membeli produk kita atau menggunakan jasa kita. Sedangkan jika review nya negatif maka memberikan kita peluang untuk dapat memperbaikinya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Lalu dalam strategi ini kita menggunakan alat atau channel apa yang akan membantu kita dalam digital marketing.

Lalu dikerucutkan lagi kepada taktik. Setelah mengetahui strategi kemudia kita harus mempunyai taktik agar strategi kita dapat dilakukan dengan efisien. Yang diperhatikan adalah e-marketing mix termasuk juga social networking, dan apa yang akan terjadi kemudian, selain itu juga media platform apa saja yang akan kita gunakan. Bagaimana kita menjalin komunikasi dan bagaimana kita melakukan penjadwalan publikasi iklan pada media – media yang telah kita pilih. Lalu kita juga memperhatikan hal – hal seperti pemberian give away, dan juga penjadwalan give away atau kuis. Kemudian penjadwalan launching produk.

Kemudian yang paling inti adalah bagaimana kita melakukan aksi dari strategi dan taktik yanh telah kita rancang. Apa yang akan kita lakukan dan kapan kita akan melakukannya. Misalkan kita melakukan pengiklanan melalui instagram, melalui Facebook, lalu kita melakukan strategi dengan melambungkan hashtag atau tagar. Kita juga menggunakan sumber daya dan keterampilan internal.

Setelah itu kita melakukan kontrol terhadap apa yang sudah kita lakukan. Dengan memperhatikan aspek 5S ditambah analisis web, benarkah Sells kita telah mencapai target kita, apakah pelayanan atau Serve kita sudah memuaskan menurut pelanggan, dan lain sebagainya. Kita juga memantau perkembangan kunjungan profil dan juga penambahan followers pada media yang telah kita pilih seperti Instagram misalnya, lalu kita memantau berapa persen closing atau seberapa besar pembelian dari tiap kunjungan profil kita. Lalu selanjutnya kita harus meningkatkan atau menambah berapa followers lagi agar target kita tercapai. Seperti itulah kita mengontrol apakah strategi kita sudah sesuai atau masih perlu diperbarui.

Lalu jika kita mengalami beberapa kegagalan dalam tahapan – tahapan tersebut dilihat dari hasil kontrol yang kita lakukan, maka kita bisa kembali ke awal lagi yaitu Situation analysis. Karena tahapan-tahapan ini merupakan siklus jadi kita akan terus memperhatikan siklus ini untuk bisa mengembangkan bisnis atau usaha kita.

Begitulah kemudahan dan efek terhadap bisnis yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan digital marketing. Tanpa mengeluarkan biaya yang banyak, bahkan bisa efisien waktu dan tenaga, digital marketing dapat membantu kita mengembangkan bisnis atau usaha kita. Tentu saja dengan memperhatikan strategi dan tahapan-tahapan untuk melakukan digital marketing dengan cara yang tepat. Dengan begitu kita dapat bersaing di era yang serba digital ini.

Comments