Pentingnya Digital Marketing dalam Mengembangkan Usaha
Seperti kata Jean Claude Juncker “the
internet and digital technology are transforming our world. Digital technology
has to be our future” yang artinya internet dan teknologi digital telah
mengubah dunia, bahkan teknologi digital telah menjadi mada depan kita. Saat
ini pengembangan teknologi digital telah merambah ke berbagai sektor. Bahkan
telah digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Gadget bukan lagi hal yang
mewah karena hampir seluruh penduduk menggunakan gadget untuk mengakses
internet. Bahkan menurut data tahun 2019, orang – orang mengakses internet
lebih dari 8 jam per hari. Pengguna internet pun meningkat dari tahun 2019 ke
2020 sebanyak 4% lebih. Apalagi di masa pandemi sekarang. Dari yang kita alami
saja, bahkan dari membuka mata kita pasti langsung terhubung dengan internet
untuk melakukan aktivitas atau sekedar menghabiskan waktu luang. Ketika kita
melakukan aktivitas di rumah saja sedangkan kebutuhan kita harus terpenuhi,
maka segala keperluan kita mengandalkan teknologi digital.
Dalam melakukan marketing, saat ini kita bisa
sangat dimudahkan dengan adanya internet. Dengan penggunaan internet dan sosial
media saat ini, orang – orang mulai meninggalkan cara lama mengetahui pemasaran
produk, seperti halnya brosur, bahkan billboard. Saat ini orang – orang ketika
mendapat brosur sebuah produk, tidak lama kemudian dia akan lupa dimana menaruh
brosur tadi. Begitu juga dengan billboard, dengan kesibukan dan kecepatan
mobilitas saat ini, orang – orang sudah tidak menghiraukan lagi billboard di
jalan yang ia lewati. Dan juga meskipun melihat billboard tersebut, ketika
mereka tidak melewati jalan tersebut, mereka akan lupa dengan iklan yang mereka
lihat di billboard tadi. Daripada melihat brosur atau billboard, orang – orang
lebih terfokus kepada iklan – iklan yang ada di gadgetnya masing-masing. Sosial
media yang banyak diakses seperti YouTube, Instagram, Facebook, Line, Twitter,
dapat menampilkan beberapa iklan yang relevan dengan apa yang diinginkan
konsumen.
Dengan digital marketing kita tidak perlu lagi
membuang uang untuk mengiklankan produk dengan menyewa billboard, atau mencetak
atau beberapa cara lainnya. Berbagai
kemudahan dapat dirasakan dengan menggunakan digital marketing. Karena kita
bisa dengan leluasa pula mengakses media – media dimana kita akan mengiklankan
produk, dan tentu saja banyak yang bisa dilakukan dengan gratis. Untuk bisa
memanfaatkan digital marketing dengan baik dan efisien tentu saja kita perlu mengetahui
tahapan atau cara – caranya. Yang harus kita lakukan adalah dengan menerapkan SOSTAC
yaitu Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control.
Yang pertama adalah Situation analysis
atau bisa dikatakan kita melihat dan mengamati dulu, dimana posisi kita saat
ini, bagaimana kita saat ini. Dalam hal ini kita bisa mengukur ya dari 5 aspek
atau dikenal dengan 5S yaitu Sell, Serve, Save, Speak, Sizzle. Sell yang
artinya penjualan, bagaimana penjualan kita saat ini, apakah sesuai dengan
target pemasaran. Serve yang bisa dikatakan pelayanan, bagaimana
pelayanan yang selama ini kita berikan, apakah pelanggan puas dengan pelayanan
yang kita berikan. Save artinya efisiensi kita dalam mengelola bisnis
atau usaha kita. Speak artinya komunikasi kita dengan konsumen, seberapa
besar kita dapat menarik konsumen dengan komunikasi yang kita lakukan. Sizzle artinya
bagaimana kita melakukan extension pada produk dan layanan yang diberikan. Dalam
Situation analysis kita juga memperkirakan SWOT dalam E-marketplace,
goal performance, dan wawasan pelanggan.
Setelah mengetahui dimana kita berada sekarang,
maka kita bisa menentukan Objectives atau apa yang kita ingin capai
kedepannya. Berkaca pada analisis SWOT dan juga aspek 5S, maka kita bisa
menentukan pencapaian dari bisnis atau usaha kita.
Selanjutnya tentu saja kita harus memikirkan
strategi apa yang akan digunakan untuk mewujudkan target pencapaian tersebut.
Kita mulai menyusun segmen kita siapa, target kita siapa, dan positioning nya
seperti apa. Kemudian penting juga melakukan OVP ( Online Value Proposition),
jadi seperti apa keunggulan value dari produk kita. Lalu bagaimana kita meningkatkan
kredibilitas kita melalui media digital, seperti misalnya kita memberikan keleluasaan
pelanggan untuk mereview produk kita. Sehingga tanpa kita berusaha, ketika
review nya positif maka akan mempersuasi konsumen lain untuk membeli produk
kita atau menggunakan jasa kita. Sedangkan jika review nya negatif maka
memberikan kita peluang untuk dapat memperbaikinya sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan konsumen. Lalu dalam strategi ini kita menggunakan alat atau channel
apa yang akan membantu kita dalam digital marketing.
Lalu dikerucutkan lagi kepada taktik. Setelah
mengetahui strategi kemudia kita harus mempunyai taktik agar strategi kita
dapat dilakukan dengan efisien. Yang diperhatikan adalah e-marketing mix termasuk
juga social networking, dan apa yang akan terjadi kemudian, selain itu juga
media platform apa saja yang akan kita gunakan. Bagaimana kita menjalin
komunikasi dan bagaimana kita melakukan penjadwalan publikasi iklan pada media
– media yang telah kita pilih. Lalu kita juga memperhatikan hal – hal seperti
pemberian give away, dan juga penjadwalan give away atau kuis. Kemudian
penjadwalan launching produk.
Kemudian yang paling inti adalah bagaimana kita
melakukan aksi dari strategi dan taktik yanh telah kita rancang. Apa yang akan
kita lakukan dan kapan kita akan melakukannya. Misalkan kita melakukan
pengiklanan melalui instagram, melalui Facebook, lalu kita melakukan strategi
dengan melambungkan hashtag atau tagar. Kita juga menggunakan sumber
daya dan keterampilan internal.
Setelah itu kita melakukan kontrol terhadap apa
yang sudah kita lakukan. Dengan memperhatikan aspek 5S ditambah analisis web,
benarkah Sells kita telah mencapai target kita, apakah pelayanan atau Serve
kita sudah memuaskan menurut pelanggan, dan lain sebagainya. Kita juga memantau
perkembangan kunjungan profil dan juga penambahan followers pada media yang
telah kita pilih seperti Instagram misalnya, lalu kita memantau berapa persen closing
atau seberapa besar pembelian dari tiap kunjungan profil kita. Lalu selanjutnya
kita harus meningkatkan atau menambah berapa followers lagi agar target kita
tercapai. Seperti itulah kita mengontrol apakah strategi kita sudah sesuai atau
masih perlu diperbarui.
Lalu jika kita mengalami beberapa kegagalan
dalam tahapan – tahapan tersebut dilihat dari hasil kontrol yang kita lakukan,
maka kita bisa kembali ke awal lagi yaitu Situation analysis. Karena
tahapan-tahapan ini merupakan siklus jadi kita akan terus memperhatikan siklus ini
untuk bisa mengembangkan bisnis atau usaha kita.
Begitulah kemudahan dan efek terhadap bisnis
yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan digital marketing. Tanpa
mengeluarkan biaya yang banyak, bahkan bisa efisien waktu dan tenaga, digital
marketing dapat membantu kita mengembangkan bisnis atau usaha kita. Tentu saja
dengan memperhatikan strategi dan tahapan-tahapan untuk melakukan digital
marketing dengan cara yang tepat. Dengan begitu kita dapat bersaing di era yang
serba digital ini.
Comments
Post a Comment